Seminar Nasional Energi dan Material Maju Ke-2

Seminar Nasional Pusat Studi Energi dan Nano Material Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jambi dengan tema “ENERGI DAN MATERIAL MAJU UNTUK MENDUKUNG VISI INDONESIA MAJU 2045” merupakan salah satu bentuk kegiatan seminar ilmiah yang di inisiasi oleh Pusat Studi Energi dan Nano Material Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi serta didukung oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4). Seminar ini akan menghadirkan satu narasumber utama (keynote speaker)  dari Kansas University, USA dan beberapa nasarsumber utama serta nara sumber undangan (invited speaker) dari berbagai kampus yang ada di Indonesia dan dari salah satu institusi pemerintah. Seminar ini merupakan seminar kedua yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang energi dan material maju.

Laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat mengakibatkan kebutuhan energi dan material pun terus meningkat. Hal ini bertolak belakang dengan ketersediaan energi fosil yang selama ini menjadi bahan bakar utama yang semakin menipis dan keterbaasan sumber daya material yang ada. Energi fosil dan material tidak dapat diperbaharui karena membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pembentukannya. Untuk memenuhi kebutuhan energi dan material yang terus meningkat, pemerintah terus mengembangkan berbagai sumber energi dan material alternatif, yang baru dan terbarukan. Potensi energi dan sumber material alternatif, seperti biomassa, panas bumi, energi surya, energi air (mikrohidro), dan energi angin hingga material ramah lingkungan dan dapat diperbaharui sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan, padahal potensi di Indonesia sangat besar. Hal ini mengakibatkan pemanfaatannya pun sangat terbatas dan tidak familiar di masyarakat luas.

Oleh karena itu, maka Pusat Studi Energi dan Nano Material Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi, bermaksud menghadirkan sebuah diskusi ilmiah guna mempertemukan para peneliti, stakeholder, pemerintah untuk menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif dan mempublikasikan berbagai produk penelitian yang telah ada terkait dengan permasalahan yang menjadi tema. Dibutuhkan peran berbagai pihak dalam rangka memberikan sumbangsih kepada Negara utamanya dalam membangun energi dan material maju untuk mendukung visi Indonesia Maju 2024.

INFORMASI PENTING

1 Selected papers akan masuk journal makara of science (artikel dalam Bahasa Inggris)
http://journal.ui.ac.id/science
Template penulisan artikel dapat dilihat di link berikut
http://journal.ui.ac.id/index.php/science/about/submissions#onlineSubmissions
2Proseding ber-ISSN (artikel dalam Bahasa Indonesia)
Jika makalah mencapai 100 akan diusahakan untuk masuk proseding IOP dengan biaya ditanggung oleh para penulis/presenter.
Template penulisan artikel  terlampir
a. Abstrak (Template Abstrak SEMM UNJA Jambi 2020)
b. Full Paper (Template Full Paper SEMM UNJA Jambi 2020)

Format penulisan abstrak dapat di download di bawah ini.

Format penulisan Full Paper dapat di download di bawah ini.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi
Contact Person :
08117455617 (Bapak Nazarudin)
081366705290 (Bapak Oki)
085377616603 (Ibu Ira)