LATAR BELAKANG PENDIRIAN BiGME

Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak sumber daya, baik manusia maupun alam yang sangat berlimpah, dimana sumber daya alam khususnya belum dikelola dan diolah secara maksimal. Di tingkat provinsi, Jambi merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi kekayaan alam yang berlimpah khususnya sumber-sumber daya alam baru dan terbarukan yang dapat diperbaharui. Hal ini memiliki prospek yang sangat cerah dalam perkembangan material dan energy dan juga yang berkaitan dengan kekayaan bahan-bahan kebumian berbasis ramah lingkungan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 dimana bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar besarnya guna kemakmuran rakyat. Oleh sebab itu, sudah seharusnya sumber daya alam tersebut dikuasai dan dikelola oleh Negara serta dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Ketersedian sumber daya alam tersebut hendaknya mampu untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat dan pesat. Hal ini didorong dengan semakin meningkatnya pemenuhan kebutuhan hidup manusia terutama untuk kesejahteraan. Peningkatan populasi penduduk merupakan hal yang tidak dapat terbendung. Peningkatan ini sejalan dengan peningkatan akan pemenuhan kebutuhan hidup, baik rohani maupun jasmani demi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. hal-hal yang harus dipenuhi sangat bergam dan kompleks. Oleh karena itu, peningkatan populasi juga diikuti oleh peningkatan industri.

Perkembangan ini tidak bisa dipisahkan dari lembaga pendidikan, dimana lembaga pendidikan merupakan wadah utama dalam mendukung dan mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, lembaga pendidikan diharapkan agar mampu mentransfer perkembangan tersebut kepada masyarakat sebagai sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan.

Ketersediaan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan kombinasi yang tepat yang harus menjadi fokus pengelolaan. Pengelolaan ini tidak dapat terlepas dari peran lembaga pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Perguruan tinggi sebagai sebuah lembaga memiliki peran dalam memberikan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Tridharma perguruan tinggi ini memiliki konsekuensi besar terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Universitas Jambi sebagai salah satu perguruan tinggi di Provinsi Jambi harus mengambil peran yang cukup besar untuk menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam pengelolaan dan pengolahan serta pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada di Provinsi Jambi, baik kekayaan alam, material, energi dan kekayaan dalam bumi, terutama dalam kaitannya untuk penggunaan bahan dari alam yang ada di Provinsi Jambi yang ramah terhadap lingkungan. Gambaran sebaran data sumber daya alam (SDA) di Indonesia dan khususnya Provinsi Jambi dapat dilihat pada peta sebaran SDA yang dipaparkan pada Gambar 1 sampai dengan Gambar 5.

Gambar 1.1 Peta sebaran potensi Minyak dan Gas Bumi di Indonesia, lingkaran berwarna
orange menunjukkan lokasi di Provinsi Jambi
Gambar 1.2 Peta sebaran Perkebunan dan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit di Indonesia,
lingkaran berwarna orange menunjukkan lokasi di Provinsi Jambi
Gambar 1.3 Peta sebaran tanaman Nipah di Indonesia, lingkaran berwarna orange
menunjukkan lokasi di Provinsi Jambi
Gambar 1.4 Peta Sebaran potensi Mineral dan Batubara, lingkaran berwarna orange menunjukkan lokasi di Provinsi Jambi
Gambar 1.5 Peta Sebaran Potensi Mineral dan Energi di Provinsi Jambi

Dengan memperhatikan sebaran data SDA di Gambar 1 sd Gambar 5, dapat disimpulkan bahwa Provinsi Jambi memiliki kekayaan material dan energi baik yang berupa SDA biologi (organik) maupun SDA geologi (anorganik). Sebagai salah satu stakeholder di Provinsi Jambi, Universitas Jambi telah dan akan selalu terus mencoba berperan aktif untuk melakukan penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Jambi. Untuk menampung dan memberdauakan semua potensi yang ada, diperlukan suatu lembaga yang menjadi payung semua kegiatan-kegiatan tersebut, maka dibentuklah Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Bio-Geo Material dan Energi (BiGME).