PROMOSI DAN KERJASAMA

Pada tahun 2016, Pusat Studi Energi dan Nano material (PS-ENAM) berhasil lolos mendapatkan hibah penelitian dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Dengan mendapat hibah penelitian ini, PS-ENAM menjalin kerjasama untuk mengembangkan bioenergi dan material maju dari Crude Palm Oil (CPO) serta dari Limbah Pabrik Kelapa Sawit. Besaran dana hibah yang berhasil didapat dariĀ  BPDPKS adalah sebesar 1,1 milyiar Rupiah (MoU terlampir). Menindaklanjuti kerjasama dengan BPDPKS ini, maka PS-ENAM mengadakan kerjasama dengan Laboratorium Energi dan Material Maju di Fakultas Teknik Universitas Jambi. Kerjasama ini berupa kerjasama membangun laboratorium energi dan nano material yang mampu meningkatkan kapasitas penelitian-penelitan tentang energi baru dan terbarukan serta material maju (dijelaskan lebih detail di sub bab pengambangan institusi).

Untuk ikut mempromosikan Green Energi atau energi terbarukan, pada bulan September 2016 PS-ENAM juga menjalin kerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Jambi menyelenggarakan Seminar dan Workshop tentang Energi dan nano material dengan mendatangkan pembicara dari Universitas Lampung yaitu: Bapak Suripto Dwi Yuwono,PhD. Pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2016, PS-ENAM kembali menjalin kerjasama dengan BEM Fakultas Teknik Universitas Jambi menggadakan lomba poster, lomba essay tingkat Provinsi Jambi dan juga mengadakan kuliah umum dengan mengundang pembicara dari International Islamic University of Malaysia yaitu : Ali Sophian, PhD dan juga dengan mengundang pembicara dari University of Malaya yaitu Aniza Abdul Aziz,M.Sc. (photo-photo kegiatan terlampir)

Pada bulan Oktober 2016, PS-ENAM menjadi sponsor pada Green Development International Conference (GDIC) yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jambi. Selain membantu pendanaan, Ketua PS-ENAM juga dipercaya sebagai Ketua Panitia Pelaksana GDIC. Konferensi berlangsung dengan lancar dengan menghadirkan beberapa pembicara kunci dari luar negeri dan berhasil menghadirkan penyaji-penyaji makalah dari berbagai universitas di Indonesia. (sertifikat, photo-photo terlampir)

Promosi tentang PS-ENAM secara khusus dan promosi tentang energi baru terbarukan serta material maju diimplementasikan dengan cara membuat website terkait PS-ENAM sekaligus tentang materi-materi terkait dengan energi baru terbarukan serta material maju. Webiste tentang tersebut dapat diakses pada link berikut: www.lppm.pusatstudienergidannanomaterial.unja.ac.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *